RSS

Trainspotting : RENTON

Waaahh!!! Senengnya dapat kaos TRAINSPOTTING!
Sebenarnya sih kalau mau bisa nyablon sendiri, mungkin juga nggak perlu jauh2 ke Thailand. Tapi sebenarnya kegiranganku bukan dapat kaosnya, ada di makna TRAINSPOTTING.

Diangkat dari sebuah novel karya Irvine Welsh, Trainspotting, disebut seperti itu gara-gara pertemuan anak2 muda yang sering banget pakai toilet stasiun untuk madat. Sayangnya di versi filmnya nggak diceritain kenapa bisa dinamai Trainspotting.

Dibintangi Ewan McGregor, "There are final hits and final hits? Which one was this going to be?" bikin penonton bertanya-tanya di akhir cerita.
Buat sebagian orang yang pernah dekat dengan ex-user, film ini bakal kena banget. Renton, Sick Boy, Spud, Begbie adalah cowok2 yang besar di Edinburgh. Keempat-empatnya mengalami kisah yang hampir mirip entah itu di kehidupan sosialnya maupun kisah cintanya. Soal heroin, alkohol, dan under age girlfriend.

Front man Renton, mengalami titik balik kesadaran akibat overdosisnya gara-gara salah satu bayi temannya meninggal akibat mengkonsumsi obat, walaupun sempat balik ke heroin lagi, tapi dia nggak menyerah.
Scene paling mantap saat dia berusaha untuk "kembali" ke dunia nyata dengan perjuangan diikat di atas tempat tidur, dikurung di kamarnya selama beberapa hari tanpa komunikasi.

Renton pada akhirnya "kembali" dan memutuskan untuk pindah ke London. Bekerja sebagai agen apartemen.
Sialnya, teman2 lama kembali "berkunjung" atau bersembunyi lebih tepatnya dari kejaran polisi sekaligus mengabarkan kematian teman mereka Tommy.
Walaupun Renton "nggak pakai", mau nggak mau, berkat "jasa" teman-temannya, dia balik lagi berbisnis heroin.

Yang mengejutkan ada di akhir cerita. Teman jadi lawan dan proses persekutuan yang nggak bisa ditebak.
Uang hasil penjualan semua ada di tangan Renton, dan kembali, dia harus mengambil keputusan akan jadi seperti apa hidupnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Anonymous said...

trinspotting nih,lepas laah...

ROMADO said...

ini adalah masalah sosial kita jangan menutup mata sebagian anak muda teman kita juga terjerumus dalam jeratan narkoba justru film ini ingin berteriak "CHOOSE YOUR LIFE" "choose a job" and "choose your carrier" I like when you interesting with this social desease!!!!