RSS

Ring’ ring’, Ring-up My Cell Phone!

I bet you can’t live without your cell phone, right? Nah.. jangan ngaku sayang kalau kamu nggak ngerti gimana cara merawat dan menjaganya. Makanya kuasai dulu pengetahuan darurat soal gadget kesayanganmu ini kalau …..

1.Handphone tiba-tiba mati saat dipakai. Ada kemungkinan baterainya mulai lemah. Dicoba di-charge dulu, tunggu sampai penuh lalu nyalakan lagi Untuk handphone symbian atau yang udah pakai software, ada kemungkinan kelebihan data. Dicoba di-charge dulu, dinyalain, bisa atau nggak? Kalau ternyata nge-blank alias tetap nggak muncul gambarnya, berarti softwarenya yang kena. Bisa juga IC placenya (seperti processornya) yang kena. Baterai dilepas dulu dan biarkan beberapa detik. Jangan langsung dipasang dan biarkan tegangan listriknya hilang. Setelah itu, coba kamu nyalakan sekali lagi. Kalau nggak berhasil juga, saatnya dibawa ke service handphone.

2.Bintik di layar handphone. Biasanya timbulnya tekanan bukan tanpa alasan, pasti ada sebabnya seperti tekanan yang berlebihan akibat sering disimpan di kantong belakang celana atau jatuh. Kalau udah karena tekanan begini, harus langsung kamu ganti, jangan tunggu sampai bintiknya bertambah lebar. Kalau bintik itu muncul akibat kena air, tenang aja, masih bisa hilang sendiri kok.

3.Dapat panggilan masuk tapi nggak bisa denger suara dari penelepon sama sekali. Cek dulu providernya. Siapa tahu memang ada trouble dari provider selular kamu. Putus dulu panggilan yang masuk. Lalu coba ditelepon balik. Kalau tetap nggak bisa dengar, bisa jadi mikrophon si penelepon yang rusak atau speaker handphonemu yang rusak. Cari tahu lagi dengan cara telpon operator. Kalau kamu bisa bercakap-cakap dengan operator, berarti handphonemu nggak ada kelainan. Tapi kalau nggak bisa juga, wah, harus dibawa ke service tuh!

4.Kamera handphone nggak jernih dan ada bintiknya. Cek dulu kemampuan kamera handphone (besar megapixelnya). Jangan-jangan memang kemampuan kamera handphonemu yang terbatas. Cek juga flashmu. Siapa tahu belum dinyalakan. Untuk kamera yang belum punya flash, coba lagi pakai fitur pemotretan malam. Atau kalau udah dicoba semua, bisa jadi lensa kamera yang kotor. Minta aja dibersihin di servis handphone

5.Ada sms masuk kok nggak keluar tone-nya? Bisa jadi handphonemu menanggung terlalu banyak data. Liat dulu memori internal handphone itu sendiri. Bisa jadi terlalu banyak data yang disimpan, jadi nggak bisa aware kalau ada sms masuk. Kelebihan sms juga bisa bikin sms nggak bunyi.

6.Gonta ganti casing. Bisa pengaruh ke baterai sama tempat SIM Card. Betul! Cari casing yang original atau kalau pengen casing yang lucu-lucu, jangan cari casing yang harus ngangkat mesin. Cari casing yang memang pas sama handphonemu, jangan terlalu kencang atau longgar.

Tips beli handphone kamera. Kamu harus lihat kemampuan fitur pengambilan gambarnya dulu. Kalau ada flash bakal lebih baik. Cek tipe-tipe pengambilan gambarnya, bisa dijalankan atau nggak. Kondisi lensa kamera yang masih bagus. Software yang mendukung pengambilan gambar. Jangan lupa cari memori internal yang agak besar. Semakin besar kemampuan ukuran pengambilan gambar (megapixelnya), semakin besar memori yang dibutuhkan.

Tips beli walkman phone. Karena fitur jagoannya adalah walkman, maka yang harus kamu cek pertama kali adalah kondisi speaker. Berikutnya memori internalnya, harus lebih besar dari memori internal di handphone kebanyakan. Cek juga kemampuan music player-nya. Terakhir handphone itu harus punya equalizer suara biar kamu bisa menyesuaikan suara yang keluar dengan seleramu.

Tanda-tanda handphone kena virus. Biasanya sih jadi lebih lambat, memorinya tiba2 penuh, dan sering restart. Virus handphone sering menyebar lewat download via GPRS dan memori external. Walaupun diberi anti virus tetap aja nggak terlalu efektif, soalnya saat klik si virus udah bisa langsung masuk. Solusinya, handphone harus diformat ulang. Oya, jangan lupa disalin dulu semua data dalam handphone kamu sebelum diformat, atau resiko kehilangan banyak data.

Merawat handphone software. · Jangan terlalu banyak menyimpan data-data yang nggak penting. · Jaga agara memori internal dan eksternal handphone jangan sampai terlalu penuh. Soalnya lama kelamaan loading dan baca data yang besar bakal jadi lemah. Nge-charge harus dalam kondisi mati. Kalau udah penuh, baru dinyalakan. Kalau nggak tegangan listriknya langsung masuk ke handphone, dan bisa bahaya buat badan, baterainya cepat rusak plus merapuhkan software.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: