RSS

Cana, Catholic Wedding Church?! Geez!!

OMG! Rupanya beneran di Kana, Israel pemberkatannya. Waktu ngelihat undangannya pertama kali, rasanya nggak percaya sama tulisan "been blessed @ Cana, Holy Land".
Tapi setelah dikasih tau kalo beneran di sana, "Geez!" yang kebayang malah SanChai sama Dao Ming Tse yang nikah di Barcelona. Damn! Stupid! terlalu banyak nonton drama asia. hahahahahaha..
Anyway, buat yang belum tau, Kana atau yang lebih sering disebut Kafr-Kanna, ada di daerah Galilea 7 km, dan jadi tempat "My superhero-JC" membuat mukjizat pertama.
Gara-gara tuan rumah yang mantu kehabisan anggur, akhirnya JC mengubah 6 buah tempayan isi air jadi anggur.
Yaa... reasonable kenapa temenku yang menikah sama mantan calon pastor akhirnya menikah di sana.
Katanya nih, gerejanya ada dua lantai. Lantai atas ada kapel dan langsung diselimuti kubah *seperti layaknya gereja Katolik* plus dihiasi mosaik Byzantium tepat di bawah tangga, yang konon kabarnya dibangun di abad 5 atau 6.
Di lantai bawah, ada kapel juga dan beberapa artefak yang salah satunya.. katanya lagi... ada tempayan tempat JC membuat mukjizat.
Gedung gerejanya sendiri sempat mengalami renovasi beberapa kali oleh biarawan Fransiscan. Sebenarnya nih, gereja itu dibangun oleh Helena - ibu dari Kaisar Konstantine di abad 4. Lalu sempat dijual oleh tuan tanah Sidon dan akhirnya jatuh ke tangan biarawan Fransiscan di tahun 1641.
Di bagian depan ada patung-patung malaikat, yaaa.. seperti yang bisa dibayangkan. Indah dan megah. Oya, katanya lagi nih, di sekitar gereja itu, ada yang jual khusus anggur perkawinan. Waduh! Sebegitu sakralnya ya bahkan sampe ke anggur anggurnya.
DOOOHHHHH! Pengeennnnn!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

briliano said...

sopo mim sing married di kana?
enak ik... *pengen*

Anonymous said...

Thanks for writing this.